Minggu, 21 September 2014

Tips Hard Reset Android, Lupa PIN dan Pattern Lock



Salam tergaptek .... Pastinya sobat tau dengan salah satu fitur milik Android ini, Pattern Lock. Fitur ini memungkinkan sobat untuk memasukkan pola tertentu yang telah diatur sebelumnya untuk membuka kunci tersebut.

Namun, banyak juga pengguna yang sering lupa karena mungkins saja memiliki banyak ponsel Android dengan Pattern Lock yang berbeda. Bila sudah begini, tentu sobat tak akan bisa membuka kunci tersebut dan tak bisa menggunakan ponsel pastinya.

Bila saja sobat pernah melakukan sinkronisasi pada ponsel ke akun Gmail, maka sobat hanya perlu login ke akun Gmail pada layar utama. Atau sobat bisa memasukkan angka PIN sebagai alternatif pengguna gembok di ponsel.

Nah, bila saja sobat lupa dengan cara-cara tersebut maka berikut ini beberapa langkah mudah untuk mengembalikan ponsel Android sobat ke kondisi semula (factory default setting) tanpa masuk ke menu.

- Matikan ponsel sobat
- Tekan tombol “Volume up + Home Key + Power Button” secara bersamaan sampai ponsel menyala. Bila tak ada tombol Home fisik di ponsel, sobat bisa menekan tombol volume atas dan tombol daya.
- Tunggu sampai muncul layar hitam yang mirip seperti DOS dengan beberapa pilihan menu. Lepaskan jari sobat dari tombol ketika menu tersebut muncul.
- Gunakan tombol volume atas dan bawah untuk memilih menu. Arahkan ke pilihan "Wipe Data/Factory Reset" atau "Restore Factory Default" atau "Delete All User Data" (ini tergantung dari merk ponsel Android yang dipakau). Pilih opsi tersebut dengan menekan tombol daya.
- Lalu arahkan ke pilihan menu "Reboot System Now" dan tunggu ponsel menyala kembali.

Sesudah ponsel menyala, maka semua data (termasuk PIN dan Pattern Lock) akan hilang.
Catatan : data-data yang tersimpan pada ponsel seperti kontak, SMS, aplikasi, foto, lagu, video, dan data lainnya akan hilang. Tampilan menu dan kelengkapan menu juga bervariasi, tergantung dari versi Android dan merk ponsel yang dipakai sobat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar